>
Awalilah harimu dengan senyuman, pasti engkau akan manutup hari itu juga dengan senyuman
Home » » Tipe dan Definisi Data

Tipe dan Definisi Data

Selasa, 25 Februari 2014 | 0 komentar

Definisi data adalah fakta atau kenyataan yang tercatat mengenai suatu objek. Pengertian data ini menyiratkan suatu nilai yang bisa dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel.

  • Konstanta menyatakan nilai yang tetap
  • Variabel digunakan dalam program untuk menyatakan nilai yang dapat diubah-ubah selama eksekusi berlangsung.
Istilah tentang data :
  • Tipe data : Macam/Isi data didalam suatu variabel dalam bahasa program.
  • Obyek data : Set dari elemen, Misal x set bilangan Integer.
  • Representasi data : Suatu mapping dari struktur data D ke suatu set dari struktur data E, Misal Boolean direpresentasikan dalam 0 dan 1.
  • Struktur data : Koleksi dari variabel yang dinyatakan dengan sebuah nama, dengan sifat setiap variabel dapat memiliki tipe yang berlainan. Struktur data biasa dipakai untuk mengelompokkan beberapa informasi yang berkaitan menjadi sebuah kesatuan.
Hirarki dari tipe data :

Tipe data sederhana :

Hanya dimungkinkan untuk menyimpan sebuah nilai data dalam sebuah variabel.

Ada 5 macam :

  • Bil. Bulat (Integer)
  • Bil. Real presisi-tunggal (Float)
  • Bil. Real presisi-ganda (Double)
  • Karakter
  • Tak bertipe/void (Tipe data untuk Fungsi)
  • Boolean (Operator Logika)


Tipe data Boolean

Mempunyai 2 nilai : True dan False

Operator
  • &&  = dan (And)
  • ||      = atau (Or)
  • !       = tidak (Not) 
Operator Boolean biasa dipakai untuk menghubungkan unkapan relasi


Tipe Data Terstruktur
Adalah tipe dimana suatu variabel bisa menyimpan lebih dari sebuah nilai data. Masing-masing data disebut komponen.

Ada 5 macam :
  1. Tipe String : Data yang berisi sederetan karakter dimana banyaknya karakter bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Contoh : Char Nama[30];
  2. Larik (Array) : Variabel hanya menyimpan 1 tipe data saja, Contoh : Int A[10]; Float C[3][4];
  3. Record : Terdiri dari beberapa variabel yang terstruktur dan masing-masing variabel bisa mempunyai tipe yang berbeda, Contoh : Struct Nama data_tanggal { int tanggal; int bulan; int tahun};
  4. Set (Himpunan) 
  5. Union : Memungkinkan sesuatu lokasi memori ditempati oleh dua atau lebih variabel yang tipenya bisa berlainan. Contoh : Union { unsigned int Angka; unsigned char Huruf[12] } bil_X
  6. Enumerasi : Merupakan himpunan dari konstanta integer yang diberi nama. Contoh : enum manusia {pria,wanita}; enum manusia jns_kelamin; jika jns_kelamin diisi pria maka nilai jns_kelamin=0 dan sebaliknya jika wanita nilai=1
  7. File : Merupakan organisai dari sejumlah record sejenis. Masing-masing record dapat terdiri dari satu atau beberapa field dan setiap field terdiri dari satu atau beberapa karakter.

Tipe Data Pointer

Variabel pointer berisi alamat dari suatu objek lain (yaitu objek yang ditunjukan oleh pointer tersebut).
Contoh : int *pa;
                pa = &x;
                      pointer pa menunjuk alamat x


Algoritma

       Algoritma adalah himpunan langkah-langkah instruksi untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu, dengan beberapa kriteria :
  • Ada input
  • Ada output
  • Jelas dan tidak meragukan (definiteness)
  • Ada terminasi (finiteness)
  • Efektif dan dapat dilaksanakan
        Ada sedikit perbedaan antara algoritma dan program. Program tidak harus memenuhi kriteria 4 contoh SO, karena harus selalu menunggu job. Algoritma dan Metode Pemrograman, penekannya pada bagaimana memecahkan suatu masalah dengan algoritma yang tepat.

Dasar-dasara Algoritma :
  • Statement Elementer
  • Statement Control
Statement Elementer :
  • Assignment
  • Comparison
  • Arithmetic Statement
  • Operator Boolean
  • Intruksi I/O
Statement Control :
  • Alternatif
  • Pengulangan 
  • Percabangan

Statement Elementer :
  • Assignment : Untuk memberikan nilai kevariabel yang telah dideklarasikan, bentuk pernyataan yang digunakan, Contoh : Bil3 = 0;
  • Comparison : Untuk keperluan pengambilan keputusan diperlukan operator relasi sebagai berikut, Operator >,<,>=,<=,==,!=
  • Arithmetic Statement : Operator Aritmatika, +,-,*,/,^, ada operator aritmatika khusus yaitu mod (%) sisa pembagian, Contoh : 7 % 2 hasilnya 1
  • Operator Boolean : Adalah operator logika dipakai untuk menghubungkan ungkapan relasi yang hasilnya True atau False yaitu : &&(dan), || (or), !(not)
  • Intruksi I/O : Untuk memasukkan data kekomputer dalam Bahasa C/C++ Sbb : printf(), cin(), scanf(), getch(), getche(), untuk mengeluarkan data : printf(), puts(), putchar(), cout().

Statement Control :
  • Alternatif : Terdiri dari pernyataan : - if, if - else, switch
Bentuk umum :
If ( kondisi )
{ pernyataan }
If (  kondisi )
{ pernyataan True }
 else
{ pernyataan False}
switch ( ekspresi )
{ case -1 : pernyataan 1
                break ;
   case - n : pernyataan n
                break }

  • Pengulangan : pernyataan pengulangan terdiri dari : - do while, - while, - for
do
{  
    pernyataan 
}
while ( kondisi )

while ( kondisi )
{
     pernyataan 
}

for (ungkapan1;ungkapan2;ungkapan3)
{
     pernyataan 
  • Percabangan : Memerlukan label sebagai identitas cabang.
Label :
{
Pernyataan
}
Goto label 
 
Struktur Data Linier

     Struktur data linier adalah struktur data yang menggambarkan hubungan tentang elemen-elemen yang berdekatan :

Terdiri dari :
  • Array 
  1. Dimensi Satu (Vector Matriks)
  2. Dimensi dua (Matriks)
  3. Multidimensi
Aplikasi penggunaan array diantaranya :

  1. Stack (Tumpukkan)
  2. Queue (Antrian)
  3. Deque (Antrian dengan 2 pintu)

  • Linked List
  1. Linier Singly linked list
  2. Linier Doubly linked list
  3. Circular Singly linked list
  4. Circular Double linked list
Aplikasi linked list pada struktur data linier diantaranya :

  1. Linked Stack 
  2. Linked Queue

      Sedangkan multi linked list banyak digunakan pada struktur data non-linier yaitu untuk representasi tree maupun graph.



Pengelolaan Memory 

Dapat secara STATIS atau DINAMIS

  • Secara STATIS
Menempati lokasi memori yang tetap (fixed size), tidak dapat dikembangkan atau diciutkan. Misal : Array, Alamat memori menjadi kunci array

  • Secara DINAMIS
Menempati lokasi memori dimana dapat dikembangkan atau diciutkan sesuai dengan kebutuhan.

Pengelolaan memori secara dinamis (dynamic address) ditunggukan oleh pointer.

 

 

 
 
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. Tyas Apriyanto - All Rights Reserved